SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASARAN PADA TOYOTA AVANZA

 



A.    Deskripsi Produk

Toyota Avanza adalah mobil produksi PT Toyota Astra Motor yang diproduksi di Indonesia pertama tahun 2003. Generasi pertama diluncurkan saat berlangsungnya kegiatan Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual sekitar 100.000 unit pada tahun itu. Toyota Avanza ini memposisikan dirinya sebagai mobil keluarga yang berkapasitas besar. Mobil ini terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan yang terbaru adalah varian Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Pada negara Indonesia, importir dan distributor produk Toyota yang berasal dari Jepang ini adalah PT. Toyota Astra Motor, perusahaan manufaktur bidang otomotif berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta. PT. Toyota Astra Motor didirikan pada 2 April 1971 pemegang sahamnya adalah 50% dimiliki PT. Astra International, Tbk. dan 50% lainnya dimiliki oleh Toyota Motor Corporation

B.     Sistem Input

Sub Sistem Informasi Akuntansi

Tabel Data Penjualan Toyota Seluruh Indonesia

 

2019

2018

Wholesales

Retailsales

Wholesales

Retailsales

Toyota

331.700

331.500

352.100

356.000

Avanza

86.300

81.900

82.100

89.000

Rush

61.500

57.400

53.100

52.900

Kijang Innova

52.900

54.500

59.600

59.300

Calya

54.500

55.800

63.900

62.000

Fortuner

16.600

18.200

20.800

20.200

Sumber: Otomotif.tempo.co, 2020

Ditinjau dari data penjualan tersebut, pada tahun 2019 produk Avanza mengalami penurunan, terutama pada penjualan retail yang mana penurunan cukup besar. Pada penjualan wholesales (dealer) mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahun 2018 penjualan ritel produk Avanza cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya sehingga pada tahun 2019 persediaan pada wholesales mengalami peningkatan, namun justru pada tahun 2019 penjualan ritel mengalami penurunan. Selain itu, dilihat pada data penjualan Toyota, Avanza merupakan produk yang unggul dari segi penjualan dibanding produk lainnya.

Dilansir pada Kumparan.com, wholesales Avanza tahun 2020 pada semester 1 ini mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan semester 1 pada tahun 2019 yaitu dari penjualan 39.806 unit dan semester 1 tahun ini turun menjadi 21.537 unit. Padahal pada kuartal 1 tahun ini penjualan Avanza telah mengalami peningkatan yang sebelumnya sebesar 19.355 unit menjadi 20.768 unit. Penurunan drastis ini dimulai sejak bulan April 2020 yang mana penjualan hanya sebesar 1.897 unit dan terus mengalami penurunan di bulan-bulan selanjutnya akibat pandemi corona.

Sub Sistem Penelitian Pemasaran

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang padat menunjukkan masyarakat cenderung memiliki jumlah keluarga yang relative banyak sehingga membutuhkan mobil berkapasitas besar saat bepergian bersama. Dari kebutuhan pasar inilah Toyota Avanza hadir sebagai solusi bagi masyarakat Indonesia. Toyota Avanza yang merupakan mobil berkapasitas besar memiliki segmen utama yaitu pelanggan berkeluarga dalam jumlah besar dan senang bepergian bersama. Toyota juga menawarkan suku cadang lengkap dan terjangkau serta jaringan dealer dan aftersales terbanyak yang memudahkan pelanggan memperbaiki mobil apabila terjadi kerusakan.

Pelanggan memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya menginginkan mobil yang murah, irit bensin, canggih, ramah lingkungan, ataupun desain mewah. Strategi pasar yang tepat bagi Toyota Avanza adalah diversifikasi produk menyesuaikan kultur region dan perkembangan pasar di Indonesia. Toyota melakukan program promosi yang dibagi ke dalam tiga tahap yaitu early year, mid year, dan year end yang merupakan waktu liburan keluarga. Toyota menjalin kerjasama dengan 15 klub salah satunya Avanza Xenia Indonesia Club serta mengkampanyekan perilaku smart driving.

Karena pelanggan Avanza cenderung berasal dari keluarga yang memiliki jumlah keluarga banyak dan memerlukan jenis mobil MPV untuk memuat lebih banyak penumpang, maka pemasaran yang tepat yaitu dengan menciptakan program yang benefitnya dapat dirasakan oleh satu keluarga, seperti paket liburan gratis bersama Avanza, dan hadiah menarik lainnya.

Sub Sistem Intelejen Pemasaran

Toyota Avanza merupakan brand unggulan di kelas small MPV, namun track record penjualan dari Avanza senantiasa bersaing dengan merk sejenis, pesaing terdekat dari Avanza ini adalah Mitsubishi Xpander yang penjualannya bersaing ketat dengan Toyota Avanza selain itu terdapat beberapa pesaing Toyota Avanza antara lain:

-          Mitsubishi Xpander, mobil ini memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dan menyuguhkan mesin serta kenyaman terbaik di segmennya. Produk ini juga menawarkan smart package dari free service 3 tahun hingga fasilitas asuransi jiwa.

-          Nissan Livina, mobil small MPV pertama yang memiliki rasa sedan. Hanya saja dari segi persaingan, Livina tidak sefenomenal Avanza.

-          Suzuki Ertiga, pada tahun 2012 Suzuki memberikan pilihan baru bagi konsumen dengan platform monocoque small MPV andalannya. Namun, dilihat dari segi penjualan, Suzuki Ertiga masih di bawah Avanza

-          Honda Mobilio, small MPV Honda ini dilengkapi dengan fitur dual SRS Airbag, Seatbelt-pretensioner, load limiter serta body yang sudah menggunakan teknologi G-CON+ACE, namun dalam 2 tahun terakhir, MPV Mobilio mulai meredup.

C.    Sistem Output

Sub Sistem Produk

Toyota Avanza mempunyai berbagai varian atau diversifikasi produk yang lebih berfokus pada pengembangan produk yang sudah ada. Pengembangan dilakukan agar konsumen tidak jenuh dengan desain produk dan mengikuti perkembangan serta kebutuhan pasar yang ada. Avanza menyediakan berbagai varian untuk memenuhi consumer needer. Toyota Avanza hadir dengan kesesuaian dalam budaya Indonesia yang membeli mobil berkapasitas banyak, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan

Pada Avanza generasi pertama tahun 2003 Avanza benar benar menggambarkan mobil keluarga sehingga tidak memiliki banyak aksesoris pemanis. Generasi kedua tahun 2011, Avanza hadir dengan tampilan keren dan necis dari adanya aksesoris yang sesuai tanpa menghilangkan kesan mobil keluarga. Kemudian pada tahun 2014 dikembangkan facelift pertama dengan menghadirkan Avanza Grand Luxury sebagai tipe tertinggi. Terakhir pada tahun 2019 Avanza mengembangkan desain secara keseluruhan terlihat lebih tebal, stylish, dan sporty dengan tetap sebagai mobil keluarga.

Melihat kondisi pasar dan persaingan yang ada, Avanza mengeluarkan beberapa tipe untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar, antara lain:

Tipe

Keunggulan

Avanza E

Murah, irit bahan bakar, dilengkapi dengan EPS dan Tilt Steering

Avanza G

Memiliki body kit lebih bergaya dan grill mewah, serta sporty

Avanza tipe S

Sensor parkir belakang dan system rem ABS

Avanza Veloz

Mewah dan lengkap dengan interiornya

Avanza tipe X

Ala SUV, terlihat lebih kekar

Avanza tipe  Facelift

Berteknologi canggih dengan head unit touchscreen, AC digital dan iPod ready, Eco Drive atau ramah lingkungan

Sumber: otoreviewmobil.com, 2017 diolah tahun 2020

Sub Sistem Promosi

Dalam menciptakan brand awareness terhadap produk Toyota Avanza, PT. Toyota Astra Motor menggunakan promotion tools sebagai berikut

-          Personal Selling, mengadakan pameran di berbagai mall serta mempromosikan produknya melalui e-catalog yang dikirimkan melalui email pelanggan

-          Telephone dan Website Selling, memperoleh informasi dan memesan produk dengan menghubungi cabang terdekat atau mengunjungi web toyota.astra.co.id

-          Direct Marketing, menyediakan test drive bagi customer yang datang ke showroom

-          Sales Promotion, undian doorprize, diskon saat launching, dan angsuran ringan.

-          Iklan pada media cetak dan media elektronik,

-          Memberikan informasi kepada pengguna setia di bengkel Toyota.

Di sisi lain, Toyota juga melakukan kegiatan public relations untuk menjaga citra dan hubungan baik dengan konsumen yang dilakukan dengan Toyota Club, Toyota True Friend, dan Education Media. Toyota Avanza memperkuat positioningnya sebagai mobil keluarga untuk mendukung konsep diri masyarakat Indonesia yang Sebagian besar masih bersifat family oriented. Pada aktivitas pemasaran terhadap produk Avanza, Toyota telah melaksanakan beberapa kegiatan sebagai berikut ini:

-       Tagline pada iklan New Avanza “Part of Indonesia’s Greatness” mengandung arti Avanza merupakan bagian dari Indonesia yang senantiasa menemani masyarakat Indonesia dan mencintai budaya Indonesia

-       Kegiatan Avanzanation 2017 dengan mengunjungi 15 kota untuk eksplor wisata dan kegiatan sosial

-       Toyota Year Freshtival tahun 2019 untuk mengenalkan Toyota Avanza yang terbaru dan diadakan program same day delivery dan cashback

-       Program Avanza-Veloz Sebangsa tahun 2019 dengan kegiatan fun trip dan festival.

-       Adanya Komunitas AXIC dan Velozity dalam Toyota Owner Club

-       Dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Sub Sistem Harga

Harga yang dipilih di atas harga pesaing sejenis namun sesuai dengan kualitas yang diberikan. Penentuan harga berdasarkan biaya produksi dari Toyota Pusat (Jepang) serta biaya pengangkutan ditambah dengan mark up yang diinginkan. Kebijakan harga dipastikan sesuai dengan system geografis dan kondisi keuangan pelanggan. Dalam strategi pemasaran, perusahaan sewaktu-waktu dapat merubah harga namun kenaikan tidak terlalu besar karena perusahaan berkonsentrasi pada kepuasan pelanggan dengan biaya rendah dan kualitas produk (Toyota Motor Corporation, 2020)

Berdasarkan situs resmi Toyota, harga Toyota Avanza awalnya adalah antara 145 hingga 182 juta rupiah tergantung dari tipenya. Meskipun banyak perubahan harga Toyota Avanza masih di bawah 250juta dan terbilang lebih murah diantara produk Toyota lainnya. Berikut ini adalah harga dari Avanza:

Tipe

Harga (Mulai Dari)

New Veloz

Rp224.750.000

Avanza E

Rp197.700.000

Avanza G

Rp218.050.000

Sumber: Toyota.Astra.co.id, 2020

Referensi

Admin OtoReviewMobil.com. 2017. Perbedaan Tipe Toyota Avanza E, G, S, dan Veloz. Otoreviewmobil.com. <http://www.otoreviewmobil.com/2017/12/ perbedaan-tipe-toyota-avanza-e-g-s-dan.html>

Arie, Krisna. Juli 20, 2017. Nasib 4 Penantang Toyota Avanza Hari Ini. Jakarta: Mobil123.com. <https://www.mobil123.com/berita/nasib-4-penantang-toyota-avanza-hari-ini/46395>

Bramantya. Januari 17, 2019. Ini Jejak Toyota Avanza dari Masa ke Masa. Jakarta: Rajamobil.com <https://berita.rajamobil.com/review-mobil/2019/01/17/ini-dia-jejak-toyota-avanza-dari-masa-ke-masa.htm>

Islamianto, Raka Dammi. 2014. Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Element Marketing Mix dalam Fenomena Mobil “Sejuta Umat” di Indonesia. Makalah Non Seminar. Depok: Universitas Indonesia. <http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-4/20404666-MK-Raka%20Dammi%20Islamianto.pdf>

Juli 20, 2020. Toyota Avanza Rajai Low MPV Semester 1 2020. Kuparan. <https://kumparan.com/kumparanoto/toyota-avanza-rajai-low-mpv-semester-1-2020-1tq7pBfHfXh>

Marketeers Editor. Juni 3, 2015. Astra dan Toyota Rumuskan Strategi Distribusi Baru. Marketeers. <https://marketeers.com/astra-dan-toyota-rumuskan-strategi-distribusi-baru>

Priyanto, Wawan. Januari 10,2020. 2019 Toyota Cetak Penjualan 333 Ribu Unit Avanza dan Rush Laris. Tempo.co.  <https://otomotif.tempo.co/read/1293273/2019-toyota-cetak-penjualan-333-ribu-unit-avanza-dan-rush-laris/full&view=ok>

PT. Toyota Astra Motor. 2020. Corporate Information. Toyota Astra. <https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/profile>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PT. FRISIAN FLAG INDONESIA

Sinopsis Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2