SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASARAN PADA TOYOTA AVANZA
A.
Deskripsi Produk
Toyota Avanza adalah mobil produksi PT Toyota Astra
Motor yang diproduksi di Indonesia pertama tahun 2003. Generasi pertama
diluncurkan saat berlangsungnya kegiatan Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual
sekitar 100.000 unit pada tahun itu. Toyota Avanza ini memposisikan dirinya
sebagai mobil keluarga yang berkapasitas besar. Mobil ini terus berkembang
seiring dengan perkembangan jaman dan yang terbaru adalah varian Grand New
Avanza dan Grand New Veloz.
Pada negara Indonesia, importir dan distributor produk
Toyota yang berasal dari Jepang ini adalah PT. Toyota Astra Motor, perusahaan
manufaktur bidang otomotif berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta.
PT. Toyota Astra Motor didirikan pada 2 April 1971 pemegang sahamnya adalah 50%
dimiliki PT. Astra International, Tbk. dan 50% lainnya dimiliki oleh Toyota
Motor Corporation
B.
Sistem Input
Sub Sistem Informasi Akuntansi
Tabel Data Penjualan Toyota Seluruh Indonesia
|
2019 |
2018 |
||
Wholesales |
Retailsales |
Wholesales |
Retailsales |
|
Toyota |
331.700 |
331.500 |
352.100 |
356.000 |
Avanza |
86.300 |
81.900 |
82.100 |
89.000 |
Rush |
61.500 |
57.400 |
53.100 |
52.900 |
Kijang
Innova |
52.900 |
54.500 |
59.600 |
59.300 |
Calya |
54.500 |
55.800 |
63.900 |
62.000 |
Fortuner |
16.600 |
18.200 |
20.800 |
20.200 |
Sumber: Otomotif.tempo.co, 2020
Ditinjau dari data penjualan
tersebut, pada tahun 2019 produk Avanza mengalami penurunan, terutama pada
penjualan retail yang mana penurunan cukup besar. Pada penjualan wholesales (dealer)
mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahun 2018 penjualan
ritel produk Avanza cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya sehingga pada tahun
2019 persediaan pada wholesales mengalami peningkatan, namun justru pada tahun
2019 penjualan ritel mengalami penurunan. Selain itu, dilihat pada data
penjualan Toyota, Avanza merupakan produk yang unggul dari segi penjualan dibanding
produk lainnya.
Dilansir pada Kumparan.com, wholesales
Avanza tahun 2020 pada semester 1 ini mengalami penurunan apabila dibandingkan
dengan semester 1 pada tahun 2019 yaitu dari penjualan 39.806 unit dan semester
1 tahun ini turun menjadi 21.537 unit. Padahal pada kuartal 1 tahun ini
penjualan Avanza telah mengalami peningkatan yang sebelumnya sebesar 19.355
unit menjadi 20.768 unit. Penurunan drastis ini dimulai sejak bulan April 2020
yang mana penjualan hanya sebesar 1.897 unit dan terus mengalami penurunan di
bulan-bulan selanjutnya akibat pandemi corona.
Sub Sistem Penelitian
Pemasaran
Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang padat menunjukkan
masyarakat cenderung memiliki jumlah keluarga yang relative banyak sehingga membutuhkan
mobil berkapasitas besar saat bepergian bersama. Dari kebutuhan pasar inilah
Toyota Avanza hadir sebagai solusi bagi masyarakat Indonesia. Toyota Avanza
yang merupakan mobil berkapasitas besar memiliki segmen utama yaitu pelanggan berkeluarga
dalam jumlah besar dan senang bepergian bersama. Toyota juga menawarkan suku
cadang lengkap dan terjangkau serta jaringan dealer dan aftersales
terbanyak yang memudahkan pelanggan memperbaiki mobil apabila terjadi kerusakan.
Pelanggan memiliki keinginan dan kebutuhan yang
berbeda-beda, misalnya menginginkan mobil yang murah, irit bensin, canggih,
ramah lingkungan, ataupun desain mewah. Strategi pasar yang tepat bagi Toyota
Avanza adalah diversifikasi produk menyesuaikan kultur region dan perkembangan
pasar di Indonesia. Toyota melakukan program promosi yang dibagi ke dalam tiga
tahap yaitu early year, mid year, dan year end yang merupakan
waktu liburan keluarga. Toyota menjalin kerjasama dengan 15 klub salah satunya
Avanza Xenia Indonesia Club serta mengkampanyekan perilaku smart driving.
Karena pelanggan Avanza cenderung berasal dari
keluarga yang memiliki jumlah keluarga banyak dan memerlukan jenis mobil MPV
untuk memuat lebih banyak penumpang, maka pemasaran yang tepat yaitu dengan
menciptakan program yang benefitnya dapat dirasakan oleh satu keluarga, seperti
paket liburan gratis bersama Avanza, dan hadiah menarik lainnya.
Sub Sistem Intelejen
Pemasaran
Toyota Avanza merupakan brand unggulan di kelas
small MPV, namun track record penjualan dari Avanza senantiasa bersaing
dengan merk sejenis, pesaing terdekat dari Avanza ini adalah Mitsubishi Xpander
yang penjualannya bersaing ketat dengan Toyota Avanza selain itu terdapat
beberapa pesaing Toyota Avanza antara lain:
-
Mitsubishi Xpander,
mobil ini memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dan menyuguhkan mesin serta
kenyaman terbaik di segmennya. Produk ini juga menawarkan smart package dari
free service 3 tahun hingga fasilitas asuransi jiwa.
-
Nissan Livina,
mobil small MPV pertama yang memiliki rasa sedan. Hanya saja dari segi
persaingan, Livina tidak sefenomenal Avanza.
-
Suzuki Ertiga,
pada tahun 2012 Suzuki memberikan pilihan baru bagi konsumen dengan platform monocoque
small MPV andalannya. Namun, dilihat dari segi penjualan, Suzuki Ertiga masih
di bawah Avanza
-
Honda Mobilio,
small MPV Honda ini dilengkapi dengan fitur dual SRS Airbag,
Seatbelt-pretensioner, load limiter serta body yang sudah menggunakan teknologi
G-CON+ACE, namun dalam 2 tahun terakhir, MPV Mobilio mulai meredup.
C.
Sistem Output
Sub Sistem Produk
Toyota Avanza mempunyai berbagai varian atau
diversifikasi produk yang lebih berfokus pada pengembangan produk yang sudah
ada. Pengembangan dilakukan agar konsumen tidak jenuh dengan desain produk dan
mengikuti perkembangan serta kebutuhan pasar yang ada. Avanza menyediakan
berbagai varian untuk memenuhi consumer needer. Toyota Avanza hadir
dengan kesesuaian dalam budaya Indonesia yang membeli mobil berkapasitas
banyak, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan
Pada Avanza generasi pertama tahun 2003 Avanza benar
benar menggambarkan mobil keluarga sehingga tidak memiliki banyak aksesoris
pemanis. Generasi kedua tahun 2011, Avanza hadir dengan tampilan keren dan
necis dari adanya aksesoris yang sesuai tanpa menghilangkan kesan mobil
keluarga. Kemudian pada tahun 2014 dikembangkan facelift pertama dengan
menghadirkan Avanza Grand Luxury sebagai tipe tertinggi. Terakhir pada tahun
2019 Avanza mengembangkan desain secara keseluruhan terlihat lebih tebal,
stylish, dan sporty dengan tetap sebagai mobil keluarga.
Melihat kondisi pasar dan persaingan yang ada, Avanza
mengeluarkan beberapa tipe untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar, antara
lain:
Tipe |
Keunggulan |
Avanza E |
Murah, irit bahan bakar,
dilengkapi dengan EPS dan Tilt Steering |
Avanza G |
Memiliki body kit
lebih bergaya dan grill mewah, serta sporty |
Avanza tipe S |
Sensor parkir belakang
dan system rem ABS |
Avanza Veloz |
Mewah dan lengkap
dengan interiornya |
Avanza tipe X |
Ala SUV, terlihat lebih
kekar |
Avanza tipe Facelift |
Berteknologi canggih
dengan head unit touchscreen, AC digital dan iPod ready, Eco Drive atau
ramah lingkungan |
Sumber: otoreviewmobil.com, 2017 diolah tahun
2020
Sub Sistem Promosi
Dalam menciptakan brand awareness terhadap
produk Toyota Avanza, PT. Toyota Astra Motor menggunakan promotion tools
sebagai berikut
-
Personal Selling,
mengadakan pameran di berbagai mall serta mempromosikan produknya melalui
e-catalog yang dikirimkan melalui email pelanggan
-
Telephone dan
Website Selling, memperoleh informasi dan memesan produk dengan menghubungi
cabang terdekat atau mengunjungi web toyota.astra.co.id
-
Direct Marketing,
menyediakan test drive bagi customer yang datang ke showroom
-
Sales Promotion,
undian doorprize, diskon saat launching, dan angsuran ringan.
-
Iklan pada media cetak dan media
elektronik,
-
Memberikan informasi kepada pengguna setia
di bengkel Toyota.
Di
sisi lain, Toyota juga melakukan kegiatan public relations untuk menjaga
citra dan hubungan baik dengan konsumen yang dilakukan dengan Toyota Club,
Toyota True Friend, dan Education Media. Toyota Avanza memperkuat
positioningnya sebagai mobil keluarga untuk mendukung konsep diri masyarakat
Indonesia yang Sebagian besar masih bersifat family oriented. Pada
aktivitas pemasaran terhadap produk Avanza, Toyota telah melaksanakan beberapa
kegiatan sebagai berikut ini:
- Tagline
pada iklan New Avanza “Part of Indonesia’s Greatness” mengandung arti Avanza
merupakan bagian dari Indonesia yang senantiasa menemani masyarakat Indonesia
dan mencintai budaya Indonesia
- Kegiatan
Avanzanation 2017 dengan mengunjungi 15 kota untuk eksplor wisata dan kegiatan
sosial
- Toyota
Year Freshtival tahun 2019 untuk mengenalkan Toyota Avanza yang terbaru dan
diadakan program same day delivery dan cashback
- Program
Avanza-Veloz Sebangsa tahun 2019 dengan kegiatan fun trip dan festival.
- Adanya
Komunitas AXIC dan Velozity dalam Toyota Owner Club
- Dan
berbagai kegiatan menarik lainnya.
Sub Sistem Harga
Harga yang dipilih di atas harga pesaing sejenis namun
sesuai dengan kualitas yang diberikan. Penentuan harga berdasarkan biaya
produksi dari Toyota Pusat (Jepang) serta biaya pengangkutan ditambah dengan mark
up yang diinginkan. Kebijakan harga dipastikan sesuai dengan system
geografis dan kondisi keuangan pelanggan. Dalam strategi pemasaran, perusahaan
sewaktu-waktu dapat merubah harga namun kenaikan tidak terlalu besar karena
perusahaan berkonsentrasi pada kepuasan pelanggan dengan biaya rendah dan
kualitas produk (Toyota Motor Corporation, 2020)
Berdasarkan
situs resmi Toyota, harga Toyota Avanza awalnya adalah antara 145 hingga 182
juta rupiah tergantung dari tipenya. Meskipun banyak perubahan harga Toyota
Avanza masih di bawah 250juta dan terbilang lebih murah diantara produk Toyota
lainnya. Berikut ini adalah harga dari Avanza:
Tipe |
Harga (Mulai Dari) |
New Veloz |
Rp224.750.000 |
Avanza E |
Rp197.700.000 |
Avanza G |
Rp218.050.000 |
Sumber: Toyota.Astra.co.id, 2020
Referensi
Admin
OtoReviewMobil.com. 2017. Perbedaan Tipe Toyota Avanza E, G, S, dan Veloz.
Otoreviewmobil.com. <http://www.otoreviewmobil.com/2017/12/
perbedaan-tipe-toyota-avanza-e-g-s-dan.html>
Arie,
Krisna. Juli 20, 2017. Nasib 4 Penantang Toyota Avanza Hari Ini. Jakarta:
Mobil123.com. <https://www.mobil123.com/berita/nasib-4-penantang-toyota-avanza-hari-ini/46395>
Bramantya.
Januari 17, 2019. Ini Jejak Toyota Avanza dari Masa ke Masa. Jakarta:
Rajamobil.com <https://berita.rajamobil.com/review-mobil/2019/01/17/ini-dia-jejak-toyota-avanza-dari-masa-ke-masa.htm>
Islamianto,
Raka Dammi. 2014. Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Element Marketing Mix
dalam Fenomena Mobil “Sejuta Umat” di Indonesia. Makalah Non Seminar.
Depok: Universitas Indonesia. <http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-4/20404666-MK-Raka%20Dammi%20Islamianto.pdf>
Juli
20, 2020. Toyota Avanza Rajai Low MPV Semester 1 2020. Kuparan. <https://kumparan.com/kumparanoto/toyota-avanza-rajai-low-mpv-semester-1-2020-1tq7pBfHfXh>
Marketeers
Editor. Juni 3, 2015. Astra dan Toyota Rumuskan Strategi Distribusi Baru. Marketeers.
<https://marketeers.com/astra-dan-toyota-rumuskan-strategi-distribusi-baru>
Priyanto,
Wawan. Januari 10,2020. 2019 Toyota Cetak Penjualan 333 Ribu Unit Avanza dan
Rush Laris. Tempo.co. <https://otomotif.tempo.co/read/1293273/2019-toyota-cetak-penjualan-333-ribu-unit-avanza-dan-rush-laris/full&view=ok>
PT. Toyota Astra
Motor. 2020. Corporate Information. Toyota Astra. <https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/profile>
Komentar
Posting Komentar